Sekolah Harus Aktifkan PMR

Oleh wirnadianhar
Rabu, 31 Desember 2008 07:39:09 Klik: 4134 Cetak: 649 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...

Kota Padang yang menjadi langganan bencana harus memperkuat kewaspadaan warganya. Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Padang terus berupaya meningkatkan keterampilan siswa-siswa SMA untuk melakukan penanganan pertama pada bencana. Mengambil tema HUT Relawan PMI yang ke-4, berbagai lomba yang berhubungan dengan kepalangmerahan digelar.

“Kami mengharapkan, seluruh sekolah dapat mengaktifkan PMR (Palang Merah Remaja). Karena, para siswa adalah orang-orang muda yang diharapkan dapat menjadi penyelamat warga kota nantinya,” ujar Ketua PMI Cabang Padang Drs H Muchlis Sani, Minggu (28/12) di sela-sela acara apel relawan dan perlombaan tingkat PMR se Kota Padang di Lapangan Imam Bonjol. Muchlis mengatakan, apel dan perlombaan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat relawan PMI yang terlatih tanggap dan teladan demi kemanusiaan.

Adapun peserta kegiatan tersebut adalah KSR PMI Unit Perguruan Tinggi Kota Padang (140 orang), PMR Padang (360), Panitia Pelaksana (30) dan juri lomba 15 orang. Asisten I Setdako Padang H Safril Basyir SH menyebutkan, HUT KSR PMI 26 Desember itu bertepatan dengan tragedi gelombang tsunami di Aceh 4 tahun silam. “Terlintas jelas bagi kita bagaimana hati nurani kita diketuk saat itu.

Melihat kejadian tersebut, tanpa pikir panjang nurani kita membisikan untuk harus membantu saudara-saudara kita,” kata Syafril. Dia menambahkan, prinsip keikhlasan harus terus tercermin dari kader-kader PMI dan PMR yang ada di Kota Padang. “Setahu saya, tidak pernah seorang relawan itu berpikir, apa yang didapatnya setelah menolong orang lain.

Karena itu, Pemko Padang sangat berharap kepada relawan PMI untuk terus mengabdi,” ujar Syafril Basyir yang mewakili wali Kota Padang membuka acara. Pada acara tersebut, PMR SMA 4A keluar sebagai juara umum karena berhasil memenangkan dua kategori lomba. Pemenang lomba kategori pertolongan pertama, SMA 4A (Juara I), SMA 1A (II) dan SM 1B (III).

Untuk kategori lomba pasang bongkar tenda, kembali SMA 4 A menjadi yang terbaik disusul SMA 9 dan SMA 5 Padang. Terakhir, pada kategori lomba pasang tenda SMA 1 B menyodok ke posisi puncak, sedangkan posisi kedua dan ketiga didpat SMA 2 dan SMA 1A.(rvi)

Sumber : Pos Metro edisi Selasa / 30 Desember 2008

 
Berita Berita Terkini Lainnya
. PENGUMPULAN KARTU KELUARGA (KK) KELAS VI SEKOLAH DASAR
. PENGUMUMAN PEMENUHAN DAYA TAMPUNG PPDB SMP NEGERI KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2019
. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)