Bentrok, Ilmu dan Keahlian SMK Dilaga

Oleh arif
Sabtu, 24 Nopember 2007 11:15:39 Klik: 2431 Cetak: 914 Kirim-kirim Print version download versi msword
Laporan: Arif Budiman/SMKN 4 Padang

Senin dan Selasa,(26-27/11/2007) pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Padang akan unjuk kemampuan dalam lomba Promosi Kompetensi Siswa (PKS) antar pelajar SMK negeri swasta se-Kota Padang. Pembukaan yang akan digelar di gedung Bagindo Aziz Chan akan diwarnai dengan pentas seni dan pameran kerajinan pelajar SMK Kota Padang.

Drs. Edi Suheri, MM Wakil Ketua Panitia mengatakan Kamis (22/11) lalu, ditargetkan akan dihadiri oleh ratusan pelajar SMP se-kota Padang, termasuk pelajar SMK yang menjadi tuan rumah. Pasalnya, acara ini merupakan pesta besar SMK untuk berkompetensi secara sehat pada lomba yang pemenganya akan mewakili Padang pada PKS tingkat Sumbar nantinya.

"Acara ini kita gelar untuk memberitahukan pada masyarakat, pelajar SMP terutama tentang dunia SMK sekarang. Gimana SMK sekarang? bisa disaksikan, saat pembukaan, pengunjung akan dihibur oleh tim musik yang solid dari SMKN 7 Padang sebagai sekolah kejuruan bidang musik dan seni pertunjukkan. Untuk pameran seni dan kerajinan, pengunjung akan dimanjakan dengan beragam karya anak SMK dari SMKN 4 (SMSR) dan SMKN 8 (SMIK) Padang, semua acara tersebut kita suguhkan pada masyarakat dan pelajar secara apik," optimisnya.

Pada lomba PKS ini ada 7 bidang lomba yang akan diujikan pada 100 peserta yang berasal dari berbagi SMK negeri dan swasta. Diantaranya lomba Mekanik Otomotif (digelar di SMKN 5), Listrik Instalasi (digelar di SMK Muhammadiyah), Elektronika (digelar di SMKN 1), Akuntansi (digelar di SMKN 3), Adminitrasi Perkantoran (digelar di SMKN 2), Perhotelan (digelar di SMKN 9) dan Restoran (digelar di SMKN 6).

Lombanya digelar Selasa, (27/11/2007) satu hari sesudah pembukaan. Seluruh peserta tersebut, akan berlaga untuk memperebutkan uang tunai sebesar Rp. 10.500.000,-. Disamping itu para pemenang nantinya, juga berhak mewakili Padang pada PKS tingkat Sumbar," jelas ketua MKKS SMK ini.

Lomba PKS yang mengusung tema "Cerdas, Kompetensi dan Maju", akan mendatangkan tim juri dari para Dosen perguruan tinggi negeri dan swasta, serta para pelakukan dunia usaha dan industri yang dinilai mampu memberikan penilai yang adil dan falid.

"Untuk itu pada pelajar SMP yang ingin melihat bagaimana dunia SMK itu sebenarnya bisa menyaksikan acara tersebut, baik di gedung Bagindo Aziz Chan, maupun di lokasi bidang lomba masing-masing. Satu lagi, diacara pembukaan pengunjung akan disuguhi Visualisasi Profil SMK Kota Padang yang sesungguhnya melalu layar lebar," ajak Pak Edi yang ditemui di SMKN 3 Padang.

Didukung Suporter Sekolah

Sementara itu, salah seorang peserta PKS untuk bidang Akuntansi Citra Amalia asal SMKN 3 Padang yang dijumpai mengatakan, siap untuk mengupas abis soal-soal yang akan diujikan pada PKS. "Amel, lagi fokos membahas MYOB Akuntansi, disamping soal-soal yang lainya," ujar pemenang PKS seleksi SMKN 3 Padang ini.

Amel sendiri, tidak merasa canggung dengan lomba yang akan ia hadapi. Pasalnya, untuk lomba akuntansi berpusat di sekolahnya. "Insya Allah, amel didukung oleh ratusan suporter sekolah, jadi amel akan berusaha memberikan hasil maksimal dan terbaik," optimisnya. (***)
 
Berita Berita Terkini Lainnya
. PENGUMPULAN KARTU KELUARGA (KK) KELAS VI SEKOLAH DASAR
. PENGUMUMAN PEMENUHAN DAYA TAMPUNG PPDB SMP NEGERI KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2019
. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)