Soal UN SMP/MTs Disebar di 11 Mapolsek

Oleh arif
Sabtu, 03 Mei 2008 13:20:19 Klik: 2643 Cetak: 664 Kirim-kirim Print version download versi msword
Minggu (4/5) soal ujian nasional (UN) tingkat SMP bakal disebar di 11 Mapolsek di Kota Padang, setelah dikumpulkan di SMP 7 Padang. Sehari, soal-soal yang bakal diujikan pada Senin (5/5) itu akan disimpan di kantor polisi itu. Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Drs Nur AMin MPd menyebutkan, proses itu dilakukan, untuk keamanan. “Sama seperti UN SMA kemarin, kepala sekolah masing-masing dapat mengambil soal ujian sekitar pukul 6.00 WIb, sebelum ujian digelar.

Setiap hari, mereka datang mengambil soal yang diujikan pada hari terkait,” tukas Nur Amin, didampingi Kabid Dikdas dan menengan Drs Bambang Sutrisno MPd di gedung dewan. Bambang menambahkan, selama 3 hari, sebanyak 12.952 siswa kelas III SMP bakal diujikan dengan 4 mata pelajaran, Bahasa Ingris, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Pengamanan itu, diharapkan benar-benar mampu menciptakan suasana kondusif dan sportifi dalam UN pada lebih dari 40 lokasi ujian itu. “Pengawasan UN memang sangat penting. Setiap lokal akan diberikan 2 orang pengawas dan 3 orang pemantau dari TPI (Tim Pemantau Independen). Selain itu, beberapa peraturan juga diterapkan untuk menjamin kemurnian hasil UN ini,” tegas Bambang.

Adapun peraturan yang ditujukan untuk mencegah kecurangan, tersebut adalah ; tidak memperbolehkan siswa membawa HP ke ruang ujian. Seluruh siswa yang memiliki HP diharuskan menitipkan dan mematikannya di sekolah. Seluruh WC juga harus dicat putih, tanpa terkecuali. “Pengawas yang ditempatkan juga disilang dengan sekolah lain. Guru mata pelajaran terkait, tidak dibenarkan masuk sekolah saat ujia mata pelajarannya dilakukan. Sedangkan, kepala sekolah tidak dibenarkan untuk bekeliling,” tukas Bambang yang menyebutkan, seluruh pejabat yang ingin memantau UN hanya diperkenankan untuk melihat dari pintu, tidak masuk.

Bambang berharap, semua pihak terkait bisa saling berkoordinasi dan saling support agar UN tingkat SMP bisa berjalan lancar. “Kita optimis ujian berjalan lancar, tanpa ada kesalahan dan kecurangan,” pungkasnya

Sumber: POSMETRO PADANG, edisi Sabtu, 03 Mei 2008
 
Berita Info UN 2008 Lainnya
. Luluskah Anda? Simak Hasil UN SMP/MTs
. Ujian Paket C Dipermudah
. Mendiknas: Tingkat Kelulusan Bukan Hal yang penting
. Simak Hasil Nilai UN Di Website Ini
. Kata Nur Amin Soal Ujian Nasional
. Kelengkapan Administrasi Siswa Tentukan Lulus atau Tidak
. 14 dan 21 Juni 2008 Hasil Ujian Nasional Diumumkan, Simak Cara Mengaksesnya!
. Tim Detesemen Khusus 88 Antiteror Siap Amankan Ujian Nasional
. Hanya Mas Bambang yang Bisa Batalkan UN
. Ujian Nasional Tak Ada Indikasi Pembocoran Soal