Siswa SMPN 8 Padang gaet 3 medali emas ICAS 2012

Oleh 10304811
Minggu, 02 Desember 2012 22:12:11 Klik: 2786 Cetak: 782 Kirim-kirim Print version download versi msword

ICAS 2012 ( International Competitions and Assesments for School ) adalah lomba yang diperuntukkan bagi siswa setingkat SD-SMP-SMA di 13 negara didunia oleh UNSW ( The University of New South Wales ) Sydney Australia.

Mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika, Science, Writing Bahasa Inggris dan Komputer dimana semua soal dalam bahasa inggris dibuat oleh UNSW Sydney Australia. Di Indonesia UNSW menunjuk Unisadhuguna Testing Centre ( UTC ) sebagai penyelenggara yang diikuti oleh ± 30.000 pelajar Indonesia mulai dari SD-SMP-SMA di tahun 2012 ini. Tahun 2012 adalah kompetisi ke-6 di Indonesia.

Peserta adalah sekolah-sekolah yang berlabel RSBI dan sekolah –sekolah Internasional. Soal-soal dalam bahasa Inggris tersebut adalah soal-soal dengan tingkat kesukaran yang tinggi dimana siswa mampu menerapkan konsep-konsep keilmuan menjadi aplikatif setelah siswa melakukan analisa dan logika, jauh dari bentuk soal-soal pilihan ganda yang sekedar hafalan. Kegiatan ICAS 2012 ini serentak dilaksanakan sebulan yang lalu di Indonesia, soal dari Sydney Australia melalui UTC Jakarta dan dilaksanakan di sekolah masing-masing lalu diperiksa oleh pihak UNSW.

Medali emas ini digaet dari bidang Computer Skill oleh : - Alif Remedis Medio Putra Kelas IX C - Fandy Putra Mohammad Kelas IX E - Gian Giodani Gusvero Kelas IX F Penyerahan medali emas diadakan pada Sabtu 24 November 2012 lalu di Auditorium BPPT ( Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ) Kementrian Riset dan Teknologi Jakarta.

Dalam acara yang bertajuk “ ICAS 2012 Medal Presentation Ceremony”, dimana dalam acara ini diundang khusus adalah siswa-siswa yang meraih medali emas dan diserahkan langsung oleh pihak UNSW Sydney Australia. Sebagai sekolah SMP RSBI yang memasuki tahun ke-5, pihak sekolah selalu memfasilitasi siswa untuk bisa berkompetisi di tingkat Internasional. Selama tahun 2012 ini, 2 kompetisi internasional sudah diikuti yaitu : 1.Oxford Youth Competitions, Adalah Kompetisi berbahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Oxford University, dimana 15 siswa SMPN 8 Padang lolos dan diundang ke Oxford Inggris, namun urung diikuti siswa karena persoalan pembiayaan yang sepenuhnya ditanggung pihak orang tua siswa. 2.

ICAS, tahun 2012 ini adalah pertama kali mendapat medali dimana tahun sebelumnya belum pernah. Untuk komputer skill dari ribuan siswa SMP yang ikut hanya 20 orang siswa yang mendapat medali emas, tiga diantaranya siswa SMPN 8 Padang. Bagi SMPN 8 Padang ini adalah Rahmat serta memontum hadiah di hari guru.

Sebagai sekolah berlabel RSBI, sebuah keharusan untuk meraih meraih prestasi Internasional dalam upaya pemenuhan dimensi keinternasionalan yang dikenal dalam program RSBI yakni IKKT ( Indikator Kinerja Kunci Tambahan ). Perolehan penghargaan internasional bagi SMPN 8 Padang adalah “ tabungan “ nilai untuk mencapai label SMP SBI ( Sekolah Bertaraf Internasional ) tahun depan.

 
Berita Kesiswaan Lainnya
. Surat Edaran Program 18-21 dalam Penguatan Pendidikan Karakter
. Pemberitahuan Libur Idul Adha 1438H
. Undangan sosialisasi
. LAPORAN SEPEKAN AWAL TP. 2016/2017 SD/SMP
. Pernyataaan Orang Tua Peserta Didik Baru