Simak Hasil Nilai UN Di Website Ini

Oleh arif
Sabtu, 14 Juni 2008 02:11:35 Klik: 44923 Cetak: 3446 Kirim-kirim Print version download versi msword

03.00 WIB Dini Hari
Tan Malaka, Sabtu 14 Juni 2008

Hasil Kelulusan Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA Diluncurkan

Situs resmi Dinas Pendidikan Kota Padang www.diknas-padang.org menghadirkan pengumuman hasil ujian nasional (UN) lewat internet. Upaya ini dilakukan media online Diknas Padang tersebut untuk menyampaikan informasi UN kepada seluruh masyarakat luas yang berada di mana saja, yang tersambung dengan internet.

“Kita dari Diknas Padang hanya menyampaikan informasi kepada masyarakat luas tentang hasil UN yang sudah keluar. Sedangkan, yang menentukan lulus tidak lulus adalah pihak sekolah. Diknas Padang lewat media online ini hanya menyebarluaskan informasi,” terang Wirnadi A Kabid Kajian Peningkatan Mutu Pendidikan (KPMP) tadi malam.

Lanjut Wirnadi Menjelaskan, disamping diumumkan lewat SMS pengumuman juga bisa dilihat dari website diknas dengan cara menuliskan nomor ujian, pilih sekolah (SMA/SMK/MA) terus tekan tombol cari, sehingga data kelulusan akan keluar.

“Kelebihan tampilan hasil website ini dengan SMS yaitu langsung menampilkan nilai ujian nasional yang diperoleh siswa, sesuai dengan masing-masing mata uji,” kata Wirnadi

Terlihat sejak lepas Magrib pukul 19.00 WIB kemarin tim Informasi Teknologi (IT) Diknas sudah mulai disibukkan dengan membuat sistem cara pengaksesan data menggunakan teknologi internet. Sedangkan tim dari KPMP Diknas kelihatan serius menuliskan hasil kelulusan ke komputer. Sebelumnya sejak sore kemarin, para kepala sekolah berdatangan ke kantor Diknas di jalan Tan Malaka untuk menyerahkan hasil kelulusan siswa. Setelah dilakukan rapat kelulusan di masing-masing sekolah.

Hingga dini hari, panitia IT dan KPMP masih sibuk meng-upload data ke internet, demi memberikan pelayan yang baik bagi seluruh masyarakat tentang hasil kelulusan ujian nasional. Sehingga hasil UN ini bisa dilihat secara global.

Baru pada pukul 03.00 WIB dini hari pada Sabtu, 14 Juni 2008 hasil kelulusan yang diracik Dinas Pendidikan Kota Padang diluncurkan ke dunia maya. Artinya, seluruh masyarakat bisa melihat hasil kelulusan para pelajar yang berlaga pada UN 2008 kemarin. "Sangat banyak sekali pelajar yang catting bersama kita lewat website ini dari berbagai penjuru kota di Indonesia, ada yang dari Aceh, Bukittinggi, Medan, Riau, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Sulawesi dan Irian Jaya. Kami atas nama tim IT sangat bangga dan bersyukur sekali karena fungsi website ini untuk menyalurkan informasi yang akurat telah sampai. Cuma untuk kedepan kami terus mempertahankan dan mengupayakan website ini lebih baik lagi dalam berita dan tampilan," tutur Wirnadi sesaat sesudah hasil UN di luncurkan di kantor Dinas Pendidikan.

Hendaknya dengan kehadiran media online bisa bermanfaat dan menjadi referensi pula bagi kabupaten/kota di seluruh Indonesia. "Sayang sekali kan banyak siswa kita dari seluruh Indonesia yang menanyakan hasil kelulusan lewat website ini. Tapi sayang website ini hanya diperuntukkan untuk kota Padang. Coba kota lain juga berbuat demikian, tentu informasi akan sampai dengan cepat. Semoga tahun esok cara pengumuman UN lewat SMS dan website ini juga ditiru dinas pendidiakn kabupaten/kota lainya," tutup Wirnadi didampingin sejumlah tim IT.(***)

KLIK INI UNTUK MENGAKSES KELULUSAN ANDA http://diknas-padang.org/mod.php?mod=uan
 
Berita Info UN 2008 Lainnya
. Luluskah Anda? Simak Hasil UN SMP/MTs
. Ujian Paket C Dipermudah
. Mendiknas: Tingkat Kelulusan Bukan Hal yang penting
. Kata Nur Amin Soal Ujian Nasional
. Kelengkapan Administrasi Siswa Tentukan Lulus atau Tidak
. 14 dan 21 Juni 2008 Hasil Ujian Nasional Diumumkan, Simak Cara Mengaksesnya!
. Tim Detesemen Khusus 88 Antiteror Siap Amankan Ujian Nasional
. Soal UN SMP/MTs Disebar di 11 Mapolsek
. Hanya Mas Bambang yang Bisa Batalkan UN
. Ujian Nasional Tak Ada Indikasi Pembocoran Soal