DINAS PENDIDIKANBerita / Sekolah
SMKN 1 Padang Realisasikan Pendidikan Karakter
Oleh efim Rabu, 14 Desember 2011 10:55:43
PADANG- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padang telah merealisasikan pendidikan berkarakter dengan membentuk guru pembimbing akandemik (PA) untuk masing masing siswa.
Kepala Sekolah SMKN 1 Padang Syofrozal mengatakan dalam membentuk karakter yang baik pada siswa maka mereka perlu bimbingan intens dan usaha yang maksimal.


padangmedia.com. PADANG- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padang telah merealisasikan pendidikan berkarakter dengan membentuk guru pembimbing akandemik (PA) untuk masing masing siswa.

Kepala Sekolah SMKN 1 Padang Syofrozal mengatakan dalam membentuk karakter yang baik pada siswa maka mereka perlu bimbingan intens dan usaha yang maksimal.

"Kita sudah membagi guru yang akan menjadi PA bagi setiap siswa untuk menuntun siswa tersebut kepada hal yang berkarakter baik," tutur Syofrozal, Selasa (13/12).

Pembentukan guru PA tersebut katanya lebih efektif untuk mengaplikasikan nilai yang secara tidak lansung akan membentuk karakter pada setiap siswa.

Dikatakan masing masing guru PA tersebut akan secara khusus mengawasi, membimbing siswa, dan mencarikan solusi jika siswa tersebut mendapatkan masalah yang bisa memicu karakter yang tidak baik,"katanya.

Dijelaskan, di sekolah itu terdapat 168 guru, dan 1.115 siswa, sehingga masing masing guru membimbing 6 atau 7 orang siswa. Menurutnya hal tersebut akan lebih jitu untuk mengarahkan siswa karena bisa lebih terkontrol.

Di samping menerapkan sistem tersebut, kata Syofrizal, juga mengarahkan siswa kepada pendidikan ekstra yang bernuansa keagamaan, seperti mengadakan ceramah mingguan, pembacaan asmaulhusna, dan sebagainya.

DINAS PENDIDIKAN : http://disdik.padang.go.id
Online version: http://disdik.padang.go.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=14&artid=951