DINAS PENDIDIKANBerita / Info UN 2008
Kelengkapan Administrasi Siswa Tentukan Lulus atau Tidak
Oleh arif Jumat, 13 Juni 2008 15:11:08
Dalam penentuan kelulusan, patokannya bukan hanya hasil UN semata. Sekolah juga memperhatikan kelengkapan administrasi siswa disetiap jenjang pendidikan, seperti hasil evaluasi siswa atau rapor. Selain itu, juga memperhatikan apakah siswa lulus ujian sekolah dan adminstrasi lainnya.

Penantian panjang 54.543 siswa SMA/sederajat peserta Ujuan Nasional (UN) segera berakhir. Besok, Sabtu (14/6) hasil UN 2008 akan diumukan serentak di seluruh Indonesia. Siswa yang gagal diberi kesempatan mengikuti ujian penyetaraan paket C yang diberi nama UN Pendidikan Kesetaraan (UNPK). Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Drs Burhasman Bur MM yang dihubungi koran ini, Kamis (13/6) mengatakan, hasil UN 2008 sudah diserahkan ke kabupaten/kota masing-masing. pengumuman hasil UN akan dilakukan kabupaten/kota atau sekolah masing-masing.

“Kelulusan akan dimumkan sekolah masing-masing atau oleh daerah tingkat II.Kita belum dapat bocorannya,” katanya. Dalam penentuan kelulusan, patokannya bukan hanya hasil UN semata. Sekolah juga memperhatikan kelengkapan administrasi siswa disetiap jenjang pendidikan, seperti hasil evaluasi siswa atau rapor. Selain itu, juga memperhatikan apakah siswa lulus ujian sekolah dan adminstrasi lainnya. “Jadi siswa baru dikatakan lulus, setelah memenuhi persyaratan-persyaratan itu,” imbuhnya.

Sedangkan bagi siswa yang gagal, nmasih terbuka kesempatan menyelasaikan studi jenjang SMA. Mereka bisa mengikuti ujian kesetaraan UNPK. Ujian setara paket C ini akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia 24 Juni mendatang. “Soal juga dibuat pusat dengan standar yang sama dengan UN,” pungkas Burhasman.

Sumber: Posmetro Padang, edisi 13 Juni 2008, (nto)

DINAS PENDIDIKAN : http://disdik.padang.go.id
Online version: http://disdik.padang.go.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=10&artid=359